RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA N egeri Tulakan
Kelas/Semester : X / I
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Alokasi waktu : 14 x 45’ (7 pertemuan )
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari. Memaham i makna leks fungsional pendek dan leks monolog sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Mengungkapkan makna dalam leks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative, dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Membaca
Memahami makna leks tulis fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Menulis
Mengungkapkan makna dalam leks tulis fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Merespons makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakanltawaranlundangan, menerimajanji dan membatalkan janji.
2. Merespons makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interper sonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi.
3. Merespons makna secara akurat, lancar, dan berterima dalam leks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dan lain-lain) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4. Merespons makna dalam leks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam leks: recount, narrative, dan procedure.
Berbicara
1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakanltawaran/undangan, menerimajanji, dan membatalkan janji.
2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi.
3. Mengungkapkan makna dalam bentuk leks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dan lain-lain) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4. Mengungkapkan makna dalam leks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam leks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
Membaca
1. Merespons makna dalam leks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dan lain-lain) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
2. Merespons makna dan langkah retorika leks tulis esai secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam leks berbentuk re count, narrative, dan procedure.
Menulis
1. Mengungkapkan makna dalam bentuk leks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dan lain-lain) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika secara akurat, lancar, dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan, dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam leks berbentuk re count, narrative, dan procedure.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mengikuti kegiatan pemelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Memahami makna percakapan interpersonal dengan ungkapan berkenalan, bertemu, dan berpisah.
2. Mengidentifikasi ungkapan mengenalkan diri dan berkenalan.
3. Mengidentifikasi ungkapan bertemu dan berpisah.
4. Bermain peran melakukan percakapan interpersonal dengan ungkapan berkenalan, bertemu, dan berpisah.
5. Memahami makna monolog dan leks esai sederhana berbentuk recount.
6. Mengidentifikasi monolog berbentuk recount.
7. Mengungkapkan monolog berbentuk recount.
8. Membaca leks esai sederhana berbentuk recount.
9. Menghasilkan leks berbentuk recount.
10. Memahami penggunaan dan macam-macam preposisi waktu.
11. Menerapkan preposisi waktu dalam kalimat.
12. Memahami fungsi linguistik Simple Past Tense.
13. Menggunakan Simple Past Tense dalam kalimat dan paragraf.
14. Memahami fungsi dan perbedaan kartu pas dan suralpribadi.
15. Menghasilkan kartu pas dan suralpribadi.
D. Materi Pembelajaran
1. Introducing, Greeting, and Leaving
2. Recount
3. Prepositions of Time
4. Simple Past Tense
5. Writing Postcard and Personal Letter
E. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanyajawab
3. Presentasi
4. Diskusi Kelompok
5. Kegiatan lndividu
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan Pemelajaran | Alokasi Waktu |
1. 2. 3. | Kegiatan Pendahuluan a. Apersepsi Siswa diajak ke laboratorium bahasa. Tema: Perkenalkan dirimul b. Motivasi Siswa diminta untuksaling memperkenalkan diri, dengan bertanya: 1) What is your name? 2) Where do you live? Kegiatan Inti a. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan Exercise 1 secara lisan. b. Siswa mendengarkan monolog lisan dari CD dan melengkapinya. c. Siswa memperkenalkan secara resmi meliputi nama, tanggal lahir, sekolah terakhir, alamat, keluarga dan hobi. d. Siswa mendengarkan percakapan lisan dari CD dan melengkapinya. e. Siswa mempraktikkan dan membaca percakapan yang ada pada Exercise 5. f. Siswa diminta untuk membuat kelompok berisi 4 orang dan membuat percakapan dengan ungkapan berkenalan, bertemu, dan berpisah. g. Setiap kelompok dipilih untuk mempraktikkan percakapan di depan kelas. Kegiatan Penutup a. Membuat rangkuman/kesimpulan. b. Refleksi: Siswa mengungkapkan perbedaan menggunakan ungkapan perkenalan, bertemu dan berpisah secara resmi dan tidak resmi. | 10 menit 70 menit 10 menit |
Jumlah Waktu | 90 menit |
info lebih lanjut silahkan hub inor2806@gmail.com
BalasHapus